Program CSR Alfamart Minimarket Terbaik Indonesia
Menurut Kotler dan Nancy (2005) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan.
Corporate Social Responsibilit(CSR)adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Sumber : http/2179337-definisi-corporate-social-responsibility-csr/
Dengan ketatnya persaingan industri ritel ini Alfamart minimarket Indonesia mampu bersaing ditengah besarnya perusahaan ritel raksasa dunia merambah Indonesia, selain menerapkan sistem pemasaran waralaba, kenyamanan, pelayanan terbaik, promo keuntungan menjadi member dan juga melalui program-program CSR Alfamart, ternyata minimarket lokal terbaik Indonesia mampu menjadi bagian masyarakat Indonesia.
Banyak hal yang yang membedakan Alfamart jika dibandingkan dengan minimarket lainnya salah satunya program CSR Alfamart. Program CSR inilah yang membedakan Alfamart dengan minimarket lainnya. Melalui program korporat sosial Alfamart minimarket lokal terbaik ini lah, Alfamart meraih CSR Award tahun lalu pada kategori perusahaan ritel. Sebagai salah satu perusahaan besar, PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang bergerak di bidang ritel, Alfamart mampu mendapat pengakuan dari masyarakat melalui Program Corporate Social Responsibility Alfamart.
Ada enam program dasar CSR Alfamart yang tergabung dalam Alfamart Sahabat Indonesi (ASI) :
Ada enam program dasar CSR Alfamart yang tergabung dalam Alfamart Sahabat Indonesi (ASI) :
1.Program Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamart di bidang pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (Alfamart SMEs).
2.Bidang pendidikan (Alfamart Smart).
3.Kegiatan sosial (Alfamart Care).
4.Kegiatan Olahraga (Alfamart Sport).
5.Kegiatan peduli lingkungan (Alfamart Clean and Green ).
6.Kegiatan Hiburan dan seni (Alfamart Vaganza).
Enam program CSR inilah wujud kepedulian Alfamart kepada masyarakat sekitar, bahwa Alfamart adalah bagian dari masyarakat Indonesia. Itulah salah satu sisi menariknya Alfamart dari sisi tanggung jawab sosial masyarakat selain promo hebohnya seperti promo member Alfamart Minimarket Lokal terbaik Indonesia yang melibatkan blogger dalam kontes SEO Alfamart 2012.
Harus kita akui bahwa banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat Indonesia melalui program CSR Alfamart, karena program CSRnya mencakup seluruh kehidupan bermasyarakat. Dengan Program CSR Alfamart Sahabat Indonesia kehadiran Alfamart semakin mampu memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia.Contoh Di Tangerang, 04 April 2012. Dalam rangka menyambut Hari Karitini yang jatuh setiap tanggal 21 April 2012, Alfamart kembali meluncurkan satu program corporate social responsibility (CSR) yang dikhususkan bagi kaum perempuan di Indonesia yang diberi nama ‘Alfamart Peduli Perempuan’. “Ini merupakan program rutin tahunan dari Alfamart guna menyambut Hari Kartini. Tahun lalu kami juga melakukan hal serupa, hanya bentuknya saja yang berbeda,” tutur Choirullah, Corporate Communication Manager Alfamart.
Dengan demikian akan ditemukan titik temu antara makna tindakan CSR yang memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial dan sekaligus mendatangkan manfaat ekonomi baik bagi masyarakat maupun perusahaan. Sepanjang keseimbangan ini dijaga dengan saksama, CSR bisa dipastikan diselenggarakan dengan penuh tanggung jawab.