CInta



Cinta
oleh Yani Tangguh Umarokh 
 20 Maret 2013


mungkin terjadi seseorang yang dahulunya saling mencinta akhrnya saling memusuhi dan begitupun sebaliknya. sangat dalm pesan yang disampaikan Kanjeng Nabi SAW "Cintailah saudaramu secara proposional, mungkin suatus aat ia akan menjdi oran yang kau benci. Bencilah saudaramu secara proposiaonal mungin suatu saat ia akn menjadi kekasih yang dicintai HSR Tirmidzi)" ini dalam kaitan interpesonal. dalam hubungan organisasi jangan ada reserve kecuali reserve syar'i ya menggariskan aqidah :La tha :ata limakhluqin fi ma 'shiati'l Khaliq: tidak boleh ada keta'atan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Khaliq (HR Bukhori Muslim).
doktrin ukhuwah dengan bingkai yang jelas telah mejadikan dirinyaa pengikat dlam senang dan susah, dalam rela dan marah. bingkai itu adalah "level terendah ukhuwah :shadr (lapang hati) dan batasan tertinggi itsar (memprioritaskan sauara diatas kepentingan diri).
bagi kesejatian ukhuwah berlaku pesan "jika ia tiak bersama mereka, ia tak akan bersama selain mereka. dan mereka bila tidak bersamnya, akan bersam yang lai. maka dari itu, semua akan terpenuhi bila hati saling terpaut dalam ikatan aqidah, ikatan yang paling kokoh dan mahal. dan ukhuwah adalah saudara seimansedang perpecahan adalh saudara kekafirn (risalah ta'lim, rukun ukhuwah)

karena bersaudara dijalan Alloh telah menjadi kepentingan dakwah-Nya, maka kerugian apapaun yang diderita saudara-saudara dalam iman dan dakwsh yang ditimbulkan kelesuan, permusuhan ataupunpengkhianatan ole mereka yang tak tahan beramal jama'i akan mendapatkan ganti dengan kaum yang lain dan mereka tidak akan menjadi seperti kamu (QS 47:38)

masing-masing kita punya pengalaman pribadi dalam dakwah ini. "demikian kami uji mereka karena sebab kefasikan mereka " nampaknya Alloh muali menguji kita pada titik yang lemah. mereka malas karena pada hari sabtu yang seharusnya diapaai ibadah ikan justru berdatangan , tugas kuliah, tugas dakwah, diam dirumah atau diam di mesjid, malas dirumah atau bersusah payah kerja untuk dakwah. pada saat jam dakwah datang Alloh menyibukan mereka (ujian) tapi kalau mereka bisa melaluinya dnegan azam yang kuat,  akan seperti kapal pemecah es. bila diam salju itu tak akan menyingkir.  tetapi ketika kapal itu maju sang salju membiarkannya berlalu. kita harus menerobos segala hal yang pahit. sepert anak kecil yang belajar puasa, mau minum tahan dulu sampai magrib. kelezatan, kesenangan dan kepuasan yang tiada tara, akren asudah berhasil melewati ujian dan cobaan sepanjang hari. 

saling mendo'akan sesama saudaara menjadi ciri kemuliaan pribadi mereka, terlebih do'a dari jauh. selain ikhlas dan cinta tak nampak motivasi lain. Alloh akan mengbulkan dan malaikat akan menaminkan. Ya Alloh kami memohon cinta-Mu, cinta orang-orag yang mencintaim udan cinta kepada  segala yang akan mendekatkan kami kepada cinta-Mu

****