Meminimalisir Pengeluaran dengan Hidup Sederhana

BAHAN bakar minyak (BBM) akan mempunyai dampak yang derantis yaitu berimbas kepada masyarakat ketika anggota DPR-RI mengesahkan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi dan pemberian bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) sebagai kompensasinya.

Dengan BLSM itu hanya sebuah akalan semata oleh pemerintah dalam mengelabui masyarakat saja, berfikir secara logika saja dengan bantuan tersebut percuma karena saat pemerintah memberikan bantuan dana kepada yang berhak menerima secara otomatis bahan kebutuhan akan melambung juga.

Entah mengapa pemerintah langsung memutuskan hal tersebut, tidakkah instansi yang terkait menimbang-nimbang dahulu supaya saling menguntungkan. Itu akan menyebabkan semakin banyak saudara kita yang kelaparan karena harga kebutuhan pokok yang tinggi sehingga masyarakat kecil tidak mampu membeli nasi dan sembako, dan berakibat kelaparan merajalela di tanah air kita.

Di samping itu, kondisi lapangan pekerjaan yang semakin menyempit karena persaingan yang sengit karena tingkat sumber daya manusia (SDM) lebih banyak daripada lapangan pekerjaan yang ada, maka dari itu menimbulkan kesenjangan sosial dalam hal pangan untuk kelangsungan hidup.
Maka dari itu, kita sebagai pemuda haruslah berpandai-pandai dalam mengatur pengeluaran.

Dalam arti, kita harus mendahulukan sesuatu hal yang benar-benar akan digunakan dan mempunyai manfaat yang berarti, jangan lah menghamburkan uang untuk membeli sesuatu hal yang kurang penting. Karena kebanyakan dari kita pendapatan dan pengeluaran lebih banyak pengeluaran untuk membeli ini itulah yang kurang ada manfaat.

Hidup sederhana merupakan suatu perbuatan yang harus diterapkan dalam kehidupan di era moderaniasi ini. Dengan hidup sederhana itu akan menimbulkan banyak kebaikan yang akan di peroleh untuk masa depan, salah satunya menabung; dengan pola sederhana kita masih menyisihkan uang walaupun sedikit untuk memikirkan kebutuhan mendatang.

Dalam kehidupan serba modern ini banyak  tidak bias terlepas adanya banyak pilhan dalam pandangan kita, terlebih persaingan dalam hal berpakaian, bergaya lebih di utamakan dengan mengikuti peradaban zaman. Perkembangan yang pesat ini manusia sulit mengendalikan emosi dalam hal pengeluaran sehari-sehari, apabila seseorang sudah suka pada suatu barang tertentu dengan mengeluarkan uang yang banyak pun rela untuk membelinya tanpa berpikir lebih manfaatnya.

Kesederhanaan itu akan membuat kenikmatan apa yang dimiliki sekarang, tidak merasa khawatir dengan keadaan karena dengan kesederhanaan sesuai kenyataan, itu akan mengakibatkan kepuasaan batin bagi yang melakukannya.

Di samping itu kesederhaan itu mampu menjadi tolak ukur untuk mengembangkan pola pikir untuk selalu berusaha, tekun, rajin, dan tak pernah putus asa dalam meratapi kegagalan, justru itu akan menjadi pelajaran yang harus ditingkatkan. Banyak pelajaran penting yang mampu di cerna atau di petik dengan hidup sederhana dan mempunyai manfaat bagi diri sendiri maupun lingkungan masyarakat.

Miftahul Ulum
Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Progam pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Muria Kudus, Jateng (//ade)

http://kampus.okezone.com/read/2013/07/03/367/831154/meminimalisir-pengeluaran-dengan-hidup-sederhana