Contoh RPP II

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Nama Sekolah           :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2
Alokasi Waktu           :  45 menit ( 2 x pertemuan )

A.     Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam
konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari

C.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat :
·         Siswa dapat mengidentifikasi kata yang didengar
·         Siswa dapat mengidentifikasi makna kata
·         Siswa dapat mengidentifikasi hubungan antar pembicara
·         Siswa dapat mengidentifikasi konteks situasi



D.     Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Mampu mengidentifikasi kata yang didengar
§  Mampu mengidentifikasi makna kata
§  Mampu mengidentifikasi hubungan antar pembicara
§  Mampu mengidentifikasi konteks situasi

E.      Materi Pembelajaran

          Listen to the following dialogue and fill in the blank spaces. Compare your answer to your friends

Lina is reading a book in the city park. There is someone approaching her.

A girl     : Excuse me. Do you mind if I sit here ? I’m waiting for my friend
Lina       : No. ___________1

Lina continues her reading. After a long silence, the girl offers something.

The girl  : I brought some sandwiches. __________2 ? (she hands a
sandwich to Lina)
Lina       : Thank you. (Lina takes it). It’s very delicious. By the way, my
  name is Lina _____________3
The girl  : I’m Fanny. Nice to meet you too
Lina       : _____________4, how to make this sandwich ?

Fanny     : OK. ______________5, take two pieces of bread. Spread butter
on each piece.
                 Then, cut cheese into slices. ­­­­­_____________6, place the slices on one piece of the bread. Finally, put the other piece _____________7.
Lina       : It’s very simple. I think ...

A girl is coming over to Lina and Fanny. She interrupts them.

Santi      : Hi Fanny. __________8 I’m late
Fanny    : That’s OK.

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Siswa mampu mengidentifikasi kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, dan konteks situasi
§  Siswa menganalisa kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, dan konteks situasi
§  Siswa mengetahui dan menghafal kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, dan konteks situasi


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal

a.       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
b.      Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
c.       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
d.      Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD.

Kegiatan Inti

a.        Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru/mendengarkan
 percakapan yang ada di tape
b.       Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
c.        Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
d.       Melakukan perintah yang diucapkan guru

Kegiatan Akhir

a.     Siswa diminta memberikan jawaban sesuai dengan isi percakapan
b.     Mengecek tingkat kebenaran siswa
c.     Memberikan jawaban yang sesuai beserta alasannya
d.    Pemberian nasehat dan motivasi
e.     Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.     Sumber/Bahan/Alat
         1.    Alat :
                 -   Buku yang relevan : Developing English Competencies for Grade X
       Senior High School (SMA/MA)
                -    Script percakapan atau rekaman percakapan
         2.    Sumber :
   -   Tape
                -   Kamus
                -   Kaset/CD
I.          Penilaian
  • Teknik                         : Tugas individu, performance assessment
                                      (responding), dan kuis
§  Bentuk instrumen        : Tertulis uraian singkat, pilihan ganda, kuis dan  
                                      melengkapi dialog
  • Contoh instrumen       :
Listen to the tape and complete the dialogue.
Budi           : ________1. Haven’t we met before ?
Rendi         : I don’t think so
Budi           :­­ Anyway, ________2 Budi
Rendi         :  ________3 Rendi
Budi           : Do you somehow stay around here ?
Rendi         : Yeah. I stay in the Uptown Apartment on fifth Avenue
Budi           : That’s great. I also stay there on eleventh floor
Rendi         : Mine’s on teenth floor. Sorry, I have to get going ______4
Budi           : Oh, OK
                     See you then. Good bye
Rendi         : _______5

             Pedoman Penilaian
             Sistem penskoran Tes Tulis/lisan  : 100


 Jumlah yang benar dibagi jumlah soal   x  100  ( 5/5 x 100 = 100.00)