Responden | Perbedaan Kercerdasan Emosi berdasarkan tingkat Pendidikan | |||||
S1 | S2 | S3 | ||||
1 | 65 | 4225 | 90 | 8100 | 70 | 4900 |
2 | 72 | 5184 | 76 | 5776 | 80 | 6400 |
3 | 70 | 4900 | 79 | 6241 | 90 | 8100 |
4 | 65 | 4225 | 80 | 6400 | 86 | 7396 |
5 | 75 | 5625 | 74 | 5476 | 72 | 5184 |
6 | 80 | 6400 | 80 | 6400 | 94 | 8836 |
7 | 85 | 7225 | 75 | 5625 | 99 | 9801 |
8 | 74 | 5476 | 79 | 6241 | 70 | 4900 |
9 | 86 | 7396 | 76 | 5776 | 85 | 7225 |
10 | 90 | 8100 | 71 | 5041 | 95 | 9025 |
11 | 60 | 3600 | 65 | 4225 | 70 | 4900 |
12 | 62 | 3844 | 65 | 4225 | 75 | 5625 |
884 | 66200 | 910 | 69526 | 986 | 82292 |
Jumlah Skor Kelompok ∑X=
![clip_image002[4] clip_image002[4]](http://lh5.ggpht.com/-UF_e8NaqlGI/UYKBVVuxppI/AAAAAAAAES0/dMJ2-TWrAuA/clip_image0024_thumb1.gif?imgmax=800)
Jumlah Skor Kuadrat ∑X²=
![clip_image004[4] clip_image004[4]](http://lh6.ggpht.com/-mLqMmcwa8GY/UYKBn2ws8yI/AAAAAAAAETE/sK_Te3kuT88/clip_image0044_thumb1.gif?imgmax=800)
1. Hipotesa
Ha: Ada Perbedaan Kecerdasan Emosi Berdasarkan Tingkat Pendidikan, S1, S2 dan S3.
Ho: Tidak ada Perbedaan Kecerdasan Emosi Berdasarkan Tingkat Pendidikan, S1, S2 dan S3
2. Perhitungan jumlah skor kuadrat secara keseluruhan dengan skor kelompok kuadrat dan dibagi dengan jumlah responden.
![Contoh Uji One Way Anova clip_image006[4]](http://lh3.ggpht.com/-2oWojqd7KmI/UYKB4WGP-hI/AAAAAAAAETU/sl4355GNzFM/clip_image0064_thumb1.gif?imgmax=800)
3. Menghitung jumlah skor kuadrat setiap kelompok dan dibagi dengan jumlah (N) rsponden setiap kelompok
![Contoh Uji One Way Anova clip_image008[4]](http://lh5.ggpht.com/-fzoFXgnK7HM/UYKCAsEYpdI/AAAAAAAAETk/TWn53GMA7_M/clip_image0084_thumb1.gif?imgmax=800)
![clip_image010[4] clip_image010[4]](http://lh6.ggpht.com/-GWXZC1tZLJI/UYKCMBQ3brI/AAAAAAAAET0/5jLEASyMK6o/clip_image0104_thumb.gif?imgmax=800)
= 468.22
4. Hasil penghitungan skor kuadrat dikurangi dengan skor kuadrat keseluruhan (hasil langkah 2) dikurang dengan skor kuadrat antara kelompok (hasil langkah 3)
![clip_image012[4] clip_image012[4]](http://lh5.ggpht.com/-45kbo5PczpA/UYKCVnQQ4MI/AAAAAAAAEUE/qFP_ea4c3_s/clip_image0124_thumb1.gif?imgmax=800)
5. Menghitung nilai-F
Untuk melihat signifikansi perbedaan dalam analisis ANOVA, maka peneliti harus menggunakan uji F, apakah tedapat perbedaan mean pada setiap kelompok atau tidak


6. Menentukan df=(n1) (n2)
= (k-1),(N-1)
= (3-1), (36-3)
= 2/33
7. Berdasar analisis ditemukan nilai F hitung 2.69, sedangkan nilai F tabel (df=2/33), nilai F tabel dapat dilihat pada tabel dengan cara n1=2 (pembilang) dan N=33 (penyebut).
8. Keputusan Analisis
Berdasarkan hasil analisis uji ANOVA menunjukkan bahwa, nilai F hitung (2.69) lebih kecil dari F tabel (3.32). Hipotesa Nol diterima, berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan kecerdasan emosi.