PENGEMBANGAN MAKALAH RENCANA USAHA DOTA”Donat Tape”

Tugas disusun untuk memenuhi tugas kewirausahaan Yang dibina oleh Ibu Tanti Aftrianti Dewi                   



Oleh :
Nama          : DITA NURCAHYANI
Kelas          : 2DF02
NPM           : 52212224

UNIVERSITAS GUNADARMA



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Perusahaan
Pada zaman sekarang ini, makanan merupakan faktor terpenting bagi manusia karena merupakan sumber energi saat melakukan aktivitas. Namun saat ini aktivitas manusia yang sangat padat jarang sekali untuk menyempatkan diri makan makanan yang berat dan memilih makanan ringan atau jajanan.  Sehingga banyak sekali para wirausahawan baru yang bermunculan saat ini menawarkan produk mereka yang menarik.
DOTA merupakan produk yang akan saya produksi. DOTA merupakan sebuah produk makanan ringan berbahan utama tape singkong. Saat ini masih jarang bisnis yang menggunakan tape. Dengan bahan utama tape singkong yang cukup mudah didapat untuk menjalankan bisnis ini.
Untuk itu saya sangat tertarik untuk melakukan bisnis ini, sehingga saya tertarik untuk  memilih berbisnis DOTA” Donat tape”.

Visi dan Misi Perusahaan
  •  Visi:
Menjadikan DOTA sebagai makanan berat yang disukai semua kalangan usia.
  •       Misi:
a.    Menjamin dan menjaga kualitas bahan baku yang digunakan
b.    Menciptakan inovasi rasa yang membuat DOTA khas.

Motto Perusahaan
“Enak, Lezat, Sehat dan Bergizi



BAB II
LANDASAN TEOR
 Identifikasi Usaha

Nama usaha                 : Dota ”Donat Tape”
Pemlik usaha               : Dota kitchen
Alamat usaha              : Jl. Borneo selatan IV no.463
Contact person            : 089888976780 

 Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup dalam usaha yang kami rintis merupakan usaha perumahan kecil. Namun, usaha ini sangat menjanjikan karena Dota ”Donat Tape” merupakan makanan ringan yang sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan dengan harga terjangkau. 
Struktur organisasi
Usaha  ini saya dirikan dengan modal sendiri. Keuntungan dan kerugiannya akan di pertanggung jawabkan bersama dengan partner. Dalam pelaksanaan dibantu oleh beberapa orang dibidang seperti, manajemen, produksi, pemasaran, keuangan. Yakni:
Tingkat Pendidikan
Jumlah
Bagian/Departemen
Jumlah
SD

MANAJEMEN
1
SMP

PRODUKSI
2
SMA
6
PEMASARAN
1
D3 / SARJANA

KEUANGAN
1

 Klasifikasi Organisasi

·         CEO (Direktur Utama)
Mengontrol, memonitoring semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
·         General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
·         Finansial Manajer
Mengonrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan usaha keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi semua keuangan.
·         Production Manajer
Dapat bertanggung jawab terhadap produk dan menginofasikan produk yang akan dijual belikan.
·         Marketing Manajer
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media



                                                               BAB III
ANALISI MASALAH
Modal
Modal yang saya gunakan berasal dari modal sendiri sebesar Rp. 350.000. Modal   tersebut dialokasikan untuk proses produksi dan pemasarannya.
Penentuan Harga Produksi


NO
 KETERANGAN BAHAN BAKU
JUMLAH
UNIT
HARGA SATUAN
HARGA TOTAL

1
BIAYA BAHAN BAKU






Tape singkong
1,5
kg
 Rp               16.000
 Rp           24.000


Tepung (500gr)
3
bks
 Rp               12.000
 Rp           36.000


Minyak goreng
3,5
L
 Rp               16.000
 Rp           56.000


Gula pasir
2
kg
 Rp                 7.000
 Rp           14.000


Telur
1
kg
 Rp               18.000
 Rp           18.000


mentega
1
kg
 Rp               28.000
 Rp           28.000


Ragi
50
bks
 Rp                 1.200
 Rp           60.000


Gula halus
2,5
kg
 Rp                 5.000
 Rp           12.500


Garam
2
bks
 Rp                 5.000
 Rp           10.000

TOTAL BIAYA BB
 Rp         258.500

2
BIAYA PENOLONG






Mika
2
pack
 Rp               18.000
 Rp           36.000


Isi streples
1
box
 Rp                 2.000
 Rp             2.000


Plastik klip 4x6
2
pack
 Rp                 6.000
 Rp           12.000


Kantong plastik
2
pack
 Rp                 5.000
 Rp           10.000


Gas 3kg
1
3kg
 Rp               15.000
 Rp           15.000


TOTAL BIAYA BP



 Rp           75.000

TOTAL BIAYA PRODUKSI
 Rp         333.500

3
BIAYA OPERASIONAL






BIAYA  ADM & UMUM
1
LEMBAR
 Rp                 8.000
 Rp             8.000


BIAYA  CETAK
10
LEMBAR
 Rp                    600
 Rp             6.000


BIAYA LABEL
5
LEMBAR
 Rp                    500
 Rp             2.500


TOTAL BIAYAOPERASIONAL



 Rp           16.500

TOTAL BIAYA KESELURUHAN
 Rp         350.000

Harga pokok DOTA ”Donat Tape” adalah :
DOTA ”Donat Tape” = (Rp. 333.500 + Rp.16.500) = Rp.1.400,-
250pcs
Penentuan Harga Jual
Harga pokok   : Rp. 1.400,-
Harga Jual       : Rp. 2.500,-
Laba                : Rp. 1.100,

 Sumber Daya Manusia
       Dengan jumlah karyawan yang dimiliki DOTA khitchen  kurang, kami berencana untuk menambah beberapa dibagian produksi dan bagian marketing. Untuk masalah jumlah kami ingin menambah 3 dibagian produki dan 3 dibagian marketing.
Pemasaran
Pemasaran kami masih didaerah perumahan dan dipinggiran jalan, tapi juga memanfaatkan jejaring sosial media agar masyarakat lebih mengenal produk kami.
BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH
SWOT
Strenght:
  • Bahan yang berkualitas.
  • Bahan yang mudah didapat.
  • Produk bisa bertahan lama sekitar dua tiga hari.
Weakness:
  •  Pengemasan yang kurang menarik.
  •  Jumlah produksi yang masih minim.
  •  Daerah pemasaran masih terbatas
Opportunity:
  • Segmen pasar yang baru.
  • Pasar yang berkembang.
  •  Inovasi produk, kemasan
Treat:
  •  Persaingan pasar.
  •  Industri mudah dimasuki pendatang baru

TOWS
Strenght & Opportunity (SO):
  • Perusahaan harus meningkatkan poduksi.
  • Memperluas pemasaran.
Weakness& Opportunity (WO):
  • Perusahaan harus kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah untuk mengembangkan pasar.
  • Perusahaan harus menambahkan jumlah produksi.
Strenght & Treat (ST):
  •  Perusahaan harus mempertahankan bahan dan produk yang berkualitas agar dapat bersaing dalam dunia pasar.
  •  Perusahaan harus membuat kontrak pembelian dengan pemasok bahan baku berdasarkan harga awal yang dissepakati
Weakness & Treat (WT):
  • Perusahaan harus membuat kemasan menarik sehingga membuat konsumen tertarik
  • Seiring perkembangan perusahaan, kami akan menambah jumlah produksi.
  •  Menciptakan rasa yang khas dari DOTA "DONAT TAPE"


BAB V
KESIMPULAN
Usaha DOTA ”Donat Tape” kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan menghasilkan omset yang menjanjikan dilihat dari potensi yang masih jarang ada. Namun seorang wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan oleh karena itu seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha yang dijalankan berkembang dengan cepat sesuai strategi yang telah dibuat. Dalam hal produk kami DOTA ”Donat Tape”  akan terus melakukan inovasi agar konsumen terus berlangganan kepada kami.