Tugas disusun untuk memenuhi tugas kewirausahaan Yang dibina oleh Ibu Tanti Aftrianti Dewi
Oleh :
Nama : DITA NURCAHYANI
Kelas : 2DF02
NPM : 52212224
UNIVERSITAS GUNADARMA
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Perusahaan
Pada zaman sekarang ini, makanan merupakan faktor terpenting bagi manusia karena merupakan sumber energi saat melakukan aktivitas. Namun saat ini aktivitas manusia yang sangat padat jarang sekali untuk menyempatkan diri makan makanan yang berat dan memilih makanan ringan atau jajanan. Sehingga banyak sekali para wirausahawan baru yang bermunculan saat ini menawarkan produk mereka yang menarik.
DOTA merupakan produk yang akan saya produksi. DOTA merupakan sebuah produk makanan ringan berbahan utama tape singkong. Saat ini masih jarang bisnis yang menggunakan tape. Dengan bahan utama tape singkong yang cukup mudah didapat untuk menjalankan bisnis ini.
Untuk itu saya sangat tertarik untuk melakukan bisnis ini, sehingga saya tertarik untuk memilih berbisnis DOTA” Donat tape”.
Visi dan Misi Perusahaan
- Visi:
Menjadikan DOTA sebagai makanan berat yang disukai semua kalangan usia.
- Misi:
a. Menjamin dan menjaga kualitas bahan baku yang digunakan
b. Menciptakan inovasi rasa yang membuat DOTA khas.
Motto Perusahaan
“Enak, Lezat, Sehat dan Bergizi
BAB II
LANDASAN TEOR
Identifikasi Usaha
Nama usaha : Dota ”Donat Tape”
Pemlik usaha : Dota kitchen
Alamat usaha : Jl. Borneo selatan IV no.463
Contact person : 089888976780
Ruang Lingkup Usaha
Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup dalam usaha yang kami rintis merupakan usaha perumahan kecil. Namun, usaha ini sangat menjanjikan karena Dota ”Donat Tape” merupakan makanan ringan yang sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan dengan harga terjangkau.
Struktur organisasi
Usaha ini saya dirikan dengan modal sendiri. Keuntungan dan kerugiannya akan di pertanggung jawabkan bersama dengan partner. Dalam pelaksanaan dibantu oleh beberapa orang dibidang seperti, manajemen, produksi, pemasaran, keuangan. Yakni:
Tingkat Pendidikan | Jumlah | Bagian/Departemen | Jumlah |
SD | MANAJEMEN | 1 | |
SMP | PRODUKSI | 2 | |
SMA | 6 | PEMASARAN | 1 |
D3 / SARJANA | KEUANGAN | 1 |
Klasifikasi Organisasi
· CEO (Direktur Utama)
Mengontrol, memonitoring semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
· General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
· Finansial Manajer
Mengonrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan usaha keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi semua keuangan.
· Production Manajer
Dapat bertanggung jawab terhadap produk dan menginofasikan produk yang akan dijual belikan.
· Marketing Manajer
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media
BAB III
ANALISI MASALAH
Modal
Modal yang saya gunakan berasal dari modal sendiri sebesar Rp. 350.000. Modal tersebut dialokasikan untuk proses produksi dan pemasarannya.
Penentuan Harga Produksi
NO | KETERANGAN BAHAN BAKU | JUMLAH | UNIT | HARGA SATUAN | HARGA TOTAL | |
1 | BIAYA BAHAN BAKU | |||||
Tape singkong | 1,5 | kg | Rp 16.000 | Rp 24.000 | ||
Tepung (500gr) | 3 | bks | Rp 12.000 | Rp 36.000 | ||
Minyak goreng | 3,5 | L | Rp 16.000 | Rp 56.000 | ||
Gula pasir | 2 | kg | Rp 7.000 | Rp 14.000 | ||
Telur | 1 | kg | Rp 18.000 | Rp 18.000 | ||
mentega | 1 | kg | Rp 28.000 | Rp 28.000 | ||
Ragi | 50 | bks | Rp 1.200 | Rp 60.000 | ||
Gula halus | 2,5 | kg | Rp 5.000 | Rp 12.500 | ||
Garam | 2 | bks | Rp 5.000 | Rp 10.000 | ||
TOTAL BIAYA BB | Rp 258.500 | |||||
2 | BIAYA PENOLONG | |||||
Mika | 2 | pack | Rp 18.000 | Rp 36.000 | ||
Isi streples | 1 | box | Rp 2.000 | Rp 2.000 | ||
Plastik klip 4x6 | 2 | pack | Rp 6.000 | Rp 12.000 | ||
Kantong plastik | 2 | pack | Rp 5.000 | Rp 10.000 | ||
Gas 3kg | 1 | 3kg | Rp 15.000 | Rp 15.000 | ||
TOTAL BIAYA BP | Rp 75.000 | |||||
TOTAL BIAYA PRODUKSI | Rp 333.500 | |||||
3 | BIAYA OPERASIONAL | |||||
BIAYA ADM & UMUM | 1 | LEMBAR | Rp 8.000 | Rp 8.000 | ||
BIAYA CETAK | 10 | LEMBAR | Rp 600 | Rp 6.000 | ||
BIAYA LABEL | 5 | LEMBAR | Rp 500 | Rp 2.500 | ||
TOTAL BIAYAOPERASIONAL | Rp 16.500 | |||||
TOTAL BIAYA KESELURUHAN | Rp 350.000 |
Harga pokok DOTA ”Donat Tape” adalah :
DOTA ”Donat Tape” = (Rp. 333.500 + Rp.16.500) = Rp.1.400,-
250pcs
Penentuan Harga Jual
Harga pokok : Rp. 1.400,-
Harga Jual : Rp. 2.500,-
Laba : Rp. 1.100,
Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia
Dengan jumlah karyawan yang dimiliki DOTA khitchen kurang, kami berencana untuk menambah beberapa dibagian produksi dan bagian marketing. Untuk masalah jumlah kami ingin menambah 3 dibagian produki dan 3 dibagian marketing.
Pemasaran
Pemasaran kami masih didaerah perumahan dan dipinggiran jalan, tapi juga memanfaatkan jejaring sosial media agar masyarakat lebih mengenal produk kami.
BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH
SWOT
Strenght:
| Weakness:
|
Opportunity:
| Treat:
|
TOWS
Strenght & Opportunity (SO):
| Weakness& Opportunity (WO):
|
Strenght & Treat (ST):
| Weakness & Treat (WT):
|
BAB V
KESIMPULAN
Usaha DOTA ”Donat Tape” kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan menghasilkan omset yang menjanjikan dilihat dari potensi yang masih jarang ada. Namun seorang wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan oleh karena itu seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha yang dijalankan berkembang dengan cepat sesuai strategi yang telah dibuat. Dalam hal produk kami DOTA ”Donat Tape” akan terus melakukan inovasi agar konsumen terus berlangganan kepada kami.