SKENARIO PROSES BELAJAR MENGAJAR
ASPEK : SPEAKING
MATERI : MERESPON PUJIAN DAN PEMBERIAN SELAMAT
Skenario | Guru | Siswa | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | - Mengucapkan salam dengan berkata “Assalamu’alaikum” - Mengucapkan selamat pagi dengan berkata “Good morning” - Menanyakan kondisi peserta didik dengan berkata “How are you today ?” - Mengabsen siswa - Berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran - Memberikan motivasi | - Menjawab salam dengan berkata “Wa’alaikum salam” - Menjawab dengan berkata “Good morning too” - Menjawab sesuai dengan kondisi masing-masing - Merespon saat guru mengabsen - Berdo’a bersama - Mendengarkan motivasi | 10 menit |
Kegiatan Inti | - Menyuruh siswa menyiapkan buku paketnya - Memberikan pengertian pujian dan pemberian selamat beserta contohnya - Menanyakan siswa apakah mereka pernah memberikan atau mendapat pujian dan selamat - Memberikan contoh kalimat pujian dan selamat beserta situasi yang cocok - Menyuruh siswa menjawab soal yang tertera di buku paket | - Menyiapkan buku paket - Memahami pengertian pujian dan pemberian selamat beserta contohnya - Menjawab pertanyaan guru sesuai dengan pengalaman siswanya - Memahami contoh kalimat pujian dan selamat beserta situasi yang cocok - Menjawab soal yang tertera di buku paket | 45 menit |
Kegiatan Akhir | - Menyimpulkan apa yang telah dijelaskan - Memberikan nasehat - Memberikan tugas rumah (PR) - Mengucapkan salam | - Mendengarkan kesimpulan - Mendengarkan nasehat - Mencatat tugas yang telah diberikan - Menjawab salam | 15 menit |