Uji t untuk sampel besar yang satu sama lain saling berhubungan

RUMUS:


clip_image002





Contoh: Sebuah penelitian bertujuan ingin mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan sikap keagamaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode M.
Hipotesa Kerja: Ada perbedaan yang signifikan sikap keagamaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode M.
Dari pencatatan data dilapangan diperoleh data sebagai berikut:

N0 Resp.
Sekor Sikap Keagamaan
No. Resp.
Sekor Sikap Keagamaan
Sesudah diajar dengan metode M
Sebelum diajar dengan metode M
Sesudah diajar dengan metode M
Sebelum diajar dengan metode M
1
70
62
26
71
63
 2
67
59
27
72
64
3
71
65
28
70
64
4
73
65
29
70
62
5
71
63
30
72
64
6
68
60
31
73
65
7
72
64
32
70
62
8
69
60
33
71
66
9
74
66
34
72
64
10
73
65
35
71
63
11
74
66
36
67
59
12
66
58
37
69
61
13
68
62
38
72
63
14
66
58
39
73
65
15
69
61
40
70
62
16
66
58
41
69
61
17
70
62
42
71
63
18
67
60
43
69
59
19
72
64
44
71
63
20
68
60
45
69
61
21
68
60
46
72
64
22
73
65
47
69
61
23
69
59
48
72
60
24
73
65
49
72
64
25
66
58
50
68
60


Langkah-langkah Penyelesaian:

Klasifikasikan Variabel X dan Y, untuk mencari Mean X dan Y


X
f
fX
fX²
Y
f
fY
fY ²
74
73
72
71
70
69
68
67
66
2
6
9
7
6
8
5
3
4
148
438
648
497
420
552
340
201
264
10952
31974
46656
35287
29400
38088
23120
13467
17424


66
65
64
63
62
61
60
59
58
3
7
8
6
6
5
7
4
4
13068
29575
32768
23814
23064
18605
25200
13924
13456

13068
29575
32768
23814
23064
18605
25200
13924
13456



50=N
3508=fX
246368=fX²

50=N
3108=fY
193474=fY ²


clip_image004

clip_image006 clip_image008clip_image010

=clip_image012

= clip_image014 = 2.221
clip_image016


clip_image018

clip_image020=clip_image022=clip_image024

=clip_image026 = 2.369


Hitung Korelasi Product Moment, dengan rumus:

clip_image028 =  clip_image030



Dari penghitungan tersebut diperoleh nilai clip_image032


clip_image034


clip_image036

clip_image038

clip_image040

clip_image042

clip_image044

clip_image046


Mencari t

clip_image048



Interpretasi hasil, t hitung sebesar 57.143
df=N-1= 50, nilai t tabel untuk taraf signifikansi 5 % sebesar 2.01 dan 1% sebesar 2.68. Jadi 201 <57.143>2.68, berarti hipotesa yang menyatakan ada perbedaan sikap keagamaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode M diterima.