RUMUS:
Contoh: Sebuah penelitian bertujuan ingin mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan sikap keagamaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode M.
Hipotesa Kerja: Ada perbedaan yang signifikan sikap keagamaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode M.
Dari pencatatan data dilapangan diperoleh data sebagai berikut:
N0 Resp. | Sekor Sikap Keagamaan | No. Resp. | Sekor Sikap Keagamaan | ||
Sesudah diajar dengan metode M | Sebelum diajar dengan metode M | Sesudah diajar dengan metode M | Sebelum diajar dengan metode M | ||
1 | 70 | 62 | 26 | 71 | 63 |
2 | 67 | 59 | 27 | 72 | 64 |
3 | 71 | 65 | 28 | 70 | 64 |
4 | 73 | 65 | 29 | 70 | 62 |
5 | 71 | 63 | 30 | 72 | 64 |
6 | 68 | 60 | 31 | 73 | 65 |
7 | 72 | 64 | 32 | 70 | 62 |
8 | 69 | 60 | 33 | 71 | 66 |
9 | 74 | 66 | 34 | 72 | 64 |
10 | 73 | 65 | 35 | 71 | 63 |
11 | 74 | 66 | 36 | 67 | 59 |
12 | 66 | 58 | 37 | 69 | 61 |
13 | 68 | 62 | 38 | 72 | 63 |
14 | 66 | 58 | 39 | 73 | 65 |
15 | 69 | 61 | 40 | 70 | 62 |
16 | 66 | 58 | 41 | 69 | 61 |
17 | 70 | 62 | 42 | 71 | 63 |
18 | 67 | 60 | 43 | 69 | 59 |
19 | 72 | 64 | 44 | 71 | 63 |
20 | 68 | 60 | 45 | 69 | 61 |
21 | 68 | 60 | 46 | 72 | 64 |
22 | 73 | 65 | 47 | 69 | 61 |
23 | 69 | 59 | 48 | 72 | 60 |
24 | 73 | 65 | 49 | 72 | 64 |
25 | 66 | 58 | 50 | 68 | 60 |
Langkah-langkah Penyelesaian:
Klasifikasikan Variabel X dan Y, untuk mencari Mean X dan Y
X | f | fX | fX² | Y | f | fY | fY ² |
74 73 72 71 70 69 68 67 66 | 2 6 9 7 6 8 5 3 4 | 148 438 648 497 420 552 340 201 264 | 10952 31974 46656 35287 29400 38088 23120 13467 17424 | 66 65 64 63 62 61 60 59 58 | 3 7 8 6 6 5 7 4 4 | 13068 29575 32768 23814 23064 18605 25200 13924 13456 | 13068 29575 32768 23814 23064 18605 25200 13924 13456 |
50=N | 3508=∑fX | 246368=∑fX² | 50=N | 3108=∑fY | 193474=∑fY ² |
Hitung Korelasi Product Moment, dengan rumus:
Mencari t
Interpretasi hasil, t hitung sebesar 57.143
df=N-1= 50, nilai t tabel untuk taraf signifikansi 5 % sebesar 2.01 dan 1% sebesar 2.68. Jadi 201 <57.143>2.68, berarti hipotesa yang menyatakan ada perbedaan sikap keagamaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode M diterima.