pertanyaan seputar carbon


1.      Kenapa carbon dapat membentuk banyak senyawa dengan hidrogen dan nitrogen? Sebutkan contohnya!
Jawaban:
Karena unsur memilki 4 tangan yang bisa berikatan kovalen dengan carbon, hidrogen dan nitogen. Dan dapat membentuk banyak senyawa.
Contoh:
CH4                                                           CHN
             H                                                  H−C≡N
H – C − H
                   H
2.      Apa dampak positif dan negatif dari silikon, silikon apa yang digunakan?
Jawaban:
dampak positif dari silikon
Dalam bentuknya sebagai pasir dan tanah liat, dapat digunakan untuk membuat bahan bangunana seperti batu bata. Ia juga berguna sebagai bahan tungku pemanas dan dalam bentuk silikat ia digunakan untuk membuat enamels (tambalan gigi), pot-pot tanah liat, dsb. Silika sebagai pasir merupakan bahan utama gelas Gelas dapat dibuat dalam berbagai macam bentuk dan digunakan sebagai wadah, jendela, insulator, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Silikon tetraklorida dapat digunakan sebagai gelas iridize.
Silikon super murni dapat didoping dengan boron, gallium, fosfor dan arsenik untuk memproduksi silikon yang digunakan untuk transistor, sel-sel solar, penyulingan, dan alat-alat solid-state lainnya, yang digunakan secara ekstensif dalam barang-barang elektronik dan industri antariksa.
Hydrogenated amorphous silicone memiliki potensial untuk memproduksi sel-sel murah untuk mengkonversi energi solar ke energi listrik.
Silikon sangat penting untuk tanaman dan kehidupan binatang. Diatoms dalam air tawar dan air laut mengekstrasi silika dari air untuk membentuk dinding-dinding sel. Silika ada dalam abu hasil pembakaran tanaman dan tulang belulang manusia. Silikon bahan penting pembuatan baja dan silikon karbida digunakan dalam alat laser untuk memproduksi cahaya koheren dengan panjang gelombang 4560 A.

dampak negatif dari silikon
  • Sekali Dimasukkan dalam tubuh, silikon cair tidak bisa dikeluarkan secara sempurna
  • Silikon cair dapat memicu reaksi penolakan tubuh
  • Silikon cair tidak punya kemampuan untuk mempertahankan bentuknya
  • Risiko infeksi dan penularan penyakit
  • Kesalahan penyuntikan

3.      Kenapa timbal bila dicampurkan dengan bensin berbahaya?
Jawaban:
Polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar bensin campuran timbal debunya akan menempel ditumbuh-tumbuhan. Ketika hujan turun debu timbal tersebut akan menjadi larutan dan masuk kedalam tumbuhan. Sehingga larutan timbal tersebut merusak jaringan pada tumbuhan.
Sehingga tumbuhan akan rusak dan rantai makanan akan terganggu. Karena tumbuhan adalah produsen pertama pada rantai makanan.
4.      Seperti apa proses distilasi fraksi tetraklorida?
Proses destilasi diawali dengan pemanasan, sehingga zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap. Uap tersebut bergerak menuju kondenser yaitu pendingin, proses pendinginan terjadi karena kita mengalirkan air kedalam dinding (bagian luar condenser), sehingga uap yang dihasilkan akan kembali cair. Proses ini berjalan terus menerus dan akhirnya kita dapat memisahkan seluruh senyawa-senyawa yang ada dalam campuran homogen tersebut.