PENDAHULUAN
Ford baru saja menerima $5.9 milyar dari pinjaman Departemen Energi untuk membantu memperlengkapi kembali pabrik di Illinos, Kentucky, Michigan, Missouri, dan Ohio untuk menghasilkan 13 model bahan bakar efisien, mencakup 5000-10000 mobil elektrik tiap tahun mulai tahun 2011. Di pertengahan 2009, Nissan Motor juga diberi pinjaman sebesar $1.6 milyar dari Departemen Energy AS untuk membangun sebanyak 100.000 mobil elektrik selama satu tahun di pabriknya di Smyrna, Tennesse, pada 2013.
Pesaing terbaru Ford mungkin pemerintahan AS karena GM dan Chrysler LLC juga berada di barisan yang sama untuk memperoleh investasi sebesar $62 milyar dari Badan Keuangan AS. Sejak CEO Alan Mulally bekerja di Ford pada tahun 2006, perusahaan telah memotong 40.000 pekerjaan dan menutup 17 pabrik, mengurangi biaya sebesar lebih dari $5 milyar.
Pada bulan Mei 2009, Toyota menganggarkan kerugian sebesar $4.4 milyar untuk tahun fiskalnya. Hampir semua perusahaan mobil mengalami penderitaan dalam ekonomi yang buruk. Ford juga mencoba untuk menjual divisi Volvonya tetapi menunggu sampai perusahaan GM menyelesaikan penjualan divisi Opelnya. Tiga firma yang menawar Volvo pada tahun 2009 yaitu : Geely Holding Group, Beijing Automotive Industry Holding, dan sebuah grup investor Eropa.
Markas besar di Dearborn, Michigan, Ford memiliki pangsa pasar sebesar 13.8 persen di industry mobil pada Februari 2009, sedangkan pada tahun 2007 memiliki 17.8 persen. Ford Motor menjalankan dua bisnis jasa yaitu Ford Motor Credit Company dan Genuine Parts dan Motorcraft. Ford memanufaktur dan mendistribusikan mobil di enam benua dengan sebuah tim sekitar 246.000 pegawai. Perusahaan menjalankan 108 pabrik secara global dan mengahsilkan model seperti Ford, Lincoln, Mazda, Mercury, dan Volvo. Ford Motor Credit Company menawarkan pembiayaan mobil ke dealer dan pelanggannya secara global. Divisi Motorcraft Ford menawarkan komponen kendaran melalui situs web perusahaan (www.ford.com). Pesaing utama Ford adalah General Motor, Toyota dan Chrysler. Berdasarkan lampiran 3, Ford berada di peringkat ketiga dalam penguasaan pangsa pasar di Amerika Serikat.
Merek Perusahaan
Ford terdiri dari lima merek. Kendaraanya meliputi mobil, truk, dan kendaraan serbaguna (SUVs). Ford juga menghasilkan Mondeo yang dibangun di Eropa dan EcoSport di Amerika Selatan dan beberapa bagian Asia.
Lincoln/Mercury
Kendaraan Lincoln Ford (www.lincoln.com) dirasa sebagai sebuah merek mewah dan meliputi lima model seperti Navigator dan Town Car. Barisan Mercury Ford (www.mercuryvehicles.com) juga menawarkan lima model yang berbeda seperti Mountaineer dan the Milan.
Mazda
Mazda dikembangkan pada tahun 1931 menggambarkan sebuah truk beroda tiga, gabungan motor dan mobil. Saat ini Mazda menawarkan 11 model yang berbeda. Perusahaan menganggarkan penjualan dalam sembilan bulan pertama di tahun 2008 sebesar 2.1 milyar yen. Situs web perusahaan berisi informasi tentang Mazda di 54 negara yang berbeda. Pendapatan Mazda menurun dari 2.5 milyar yen di sembilan bulan pertama tahun 2007 menjadi 2 milyar yen di sembilan bulan pertama tahun 2008.
Volvo
Volvo (www.volvocars.com), sebuah nama merek yang menciptakan tiga titik sabuk pengaman yang pertama, dibangun dengan pengakuan merek yang kuat sebagai sebuah kendaraan yang aman. Volvo di tahun 1955 mulai mengekspor mobil ke Amerika Serikat. Volvo memiliki pasar di 58 negara. Divisi markas besar Swedia berjualan di lebih dari 185 pasar, menjual 374.297 unit di seluruh dunia pada tahun 2008. Permintaan yang lebih kuat berasal dari Inggris, sedangkan AS dan Swedia memiliki permintaan yang lemah.
Ford Motor Credit
Dibangun pada tahun 1923, Ford Motor Credit Company (www.fordcredit.com) menawarkan pembiayaan ke pelanggan dan hak penjualan di seluruh negara dan merupakan perusahaan keuangan terbesar dunia. Ford Credit menawarkan produk inovatif dan kurs pembiayaan yang kompetitif dengan jangka waktu yang fleksibel berlaku terhadap penyewaan dan atau pembelanjaan pembiayaan.
Genuine Parts & Service
Genuine Part & Service (www.genuineflmservice.com) menawarkan pengetahuan tentang komponen, perbaikan dan perawatan kendaraan ke pemilik kendaraan Ford, Lincoln, dan Mercury. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991, konsepnya adalah untuk memberikan kepuasan pemilik yang lebih baik untuk kesuksesan merek Ford.
Motorcraft
Ford membeli Perusahaan Electric Autolite di tahun 1961 dan kemudian mengubah namanya menjadi Motorcraft (www.motorcraft.com), membuat komponen untuk kendaran Mercury, Lincoln, dan Ford. Ini merupakan sebuah cabang bisnis yang menawarkan komponen/jasa premium dari minyak motor sampai perakitan transmisi. Bisnis ini bagi Ford merupakan sebuah akibat dari kelemahan penggantian komponen kendaran yang disediakan oleh produsen.
Operasi Global
Ford memasarkan kendaraan di lebih dari 200 pasar di enam benua. Strategi One Ford focus pada penstandardisasi produksi kendaraan, secara teknologi mengusut produksi daur ulang, pengiriman komponen untuk memastikan waktu yang lebih cepat ke pemasaran dan menemukan unsur Ford untuk menemukan kebutuhan mobil dalam pasar global. Ford menghasilkan kendaraan energy hybrid dan menggabungkan kekuatan dengan British Petroleum (BP) ke pengembangan kekuatan hydrogen.
Pesaing
Chrysler LLC
Dibangun pada tahun 1883, Chrysler LLC (www.chryslerllc.com) sekarang ini memegang 10.9 persen dari pangsa pasar AS pada bulan Februari 2009. Perusahaan memanufaktur tujuh model yang berbeda, termasuk Jeep dan Dodge. Chrysler LLC juga memiliki Global Electric Motorcars (GEM), kendaraan yang berkecepatan rendah yang sering digunakan di taman dan kampus industry. Perusahaan menjual komponen dan aksesoris kendaraan di bawah merek MOPAR dan memiliki sebuah divisi Chrysler Financial yang menawarkan kesempatan pembiayaan untuk pembeli di Amerika Utara, Puerto Rico, dan Venezuela. Chrysler memiliki kontrak dengan Nissin dan Volkswagen untuk memanufaktur mobil.
General Motors Corporation (GM)
Bermarkas besar di Detroit, Michigan, GM (www.gm.com) mempekerjakan sekitar 244.500 dan memiliki laporan pendapatan tahunan sebesar $149 milyar di tahun 2008. GM memanufaktur mobil dan truk di 34 negara. GM juga menjalankan sebuah Operasi Pembiayaan dan Asuransi. Saab, Pontiac, dan Cadillac merupakan contoh dari beberapa model GM. GM memegang pimpinan industry dengan penguasaan pangsa pangsa AS sebesar 18.8 persen pada bulan Februari 2009. GM telah dikecam untuk tidak mengadaptasi mobil dan system produksinya dengan pengalamatan ke kebutuhan konsumen. GM di masa yang akan datang dipercaya dengan elektrik hybrid Chevy Volt seperti Malibu. Mobil GM telah menghasilkan gambaran penjualan yang negative karena semua merek mobilnya mengalami penurunan penjualan.
Toyota Motor Corporation
Bermarkas besar di Toyota City, Jepang, Toyota Motor Corporation (www.toyota.co.jp) dilaporkan memiliki pendapatan tahunan sebesar $249.5 milyar di tahun 2008. Toyota saat ini memiliki pangsa pasar AS sebanyak 16.9 persen pada bulan Februari 2009.
Toyota beroperasi di dua segmen : Operasi Automotive dan Non Automotive. Model Toyota meliputi Corolla dan RAV4. Jasa pembiayaannya membantu konsumen dengan memberi tunjangan kendaraan dan pinjaman hipotik. Toyota menyediakan pembiayaan ke dealer. Operasi yang lainnya meliputi perancangan dan pemanufakturan rumah pabrikan dan teknologi informasi yang berhubungan dengan bisnis. Perusahaan menjalankan sebuah pasar e-commerce yang dikenal dengan nama Gazoo.com dan menjual kendarannya di Jepang, Amerika Utara, Eropa dan Asia.
Toyota focus pada Prius barunya yang menjanjikan ekonomi bahan bakar untuk melampaui model saat ini 48 mpg. Selain itu, Toyota menjadi pembuat pertama dari sebuah mobil hybrid mewah : the Lexus HS250h, dengan ekonomi bahan bakar 40 mpg.
Analisis industry
Industry pemanufakturan mobil mengalami kehancuran karena resesi ekonomi global sehingga permintaan konsumen untuk mobil baru sangat berkurang. Percaya diri konsumen berada di titik yang paling rendan selama 40 tahun dan tingkat pengangguran melebihi 10 persen di berbagai bidang. Ketidaktersediaan kredit dan tingginya pengangguran mendorong pembuat mobil untuk memikirkan kembali metode memproduksi dan menjual mobil. Pembuat mobil mengalami kenaikan biaya perawatan kesehatan dan pensiunan.
Beberapa konsumen membeli kendaraan dengan alas an praktis yang berfokus pada keefisienan, daya tahan bahan bakar, dan ketahanan mobil. Beberapa bank tidak memberikan pinjaman mobil. Situasi ini merusak perusahan mobil. Di tahun 2008, Big Three mulai menawarkan suku bunga yang lebih rendah atau pembiayaan 0 persen untuk memikat pembeli. Ford, Chrysler, dan bahkan Toyota menawarkan harga pegawai ke konsumen. Industry mobil mengalami perubahan dari truk dan SUVs ke hybrid dan kendaraan kecil dengan keefisienan bahan bakar. Uang kepailitan pemerintahan berkurang, dan Ford sangat menginginkan kreditnya.
Kemunculan Pasar Otomotif
Ketika ekonomi di Amerika Serikat sedang lambat dan penjualan mobil baru menurun secara drastis, terjadi pertumbuhan permintaan di Rusia sebesar 15.1 persen, di Brazil 15.5 persen, di China sebesar 12 persen dan di India sebesar 5 persen pada kwartal ketiga tahun 2008. GM dan Ford mengalami beberapa kesuksesan di pasar di luar Amerika Serikat. GM mencapai 61 persen dari total pendapatan di kwartal ketiga 2008 di luar Amerika Utara. Ford diperhitungkan di China untuk penjualan Volkswagennya, AG.
Masa Depan
Sebuah sedan dirancang kembali untuk model tahun 2010, the Fusion bersaing dengan Toyota Camry dan Honda Accord yang bervolume tinggi merupakan salah satu segmen terbesar di pasar mobil AS. Keduanya, penjualan Camry dan Accord mencapai top 10 pembelian mobil di bawah program insentif Cash for Clunkers pemerintahan AS yang berakhir pada bulan Agustus 2009. Ford melaporkan adanya penjualan Fusion yang kuat dalam program tersebuat, akan tetapi penjualan tersebut tidak memasuki daftar top 10.
Di akhir 2009, Ford menambahkan perubahan di pabrik truknya di Michigan dan Missouri berkaitan dengan kenaikan permintaan untuk truk pick up F-150 dan Escape SUVs. Tindakan peningkatan produksi dari truk pick up F-150 sekitar 10.000 unit dan mendorong produksi Escape Ford dan Mercury Mariner SUVs sebanyak 2400 unit.
Peningkatan produksi Ford untuk kwartal ketiga dan keempat di tahun 2009 digerakkan oleh penjualan yang kuat dalam program Cash for Clunkers. Program tersebut diluncurkan oleh pemerintahan AS pada bulan Juli 2009, memperbolehkan konsumen yang berkualitas untuk memperdagangkan mobil lamanya yang boros gas dan truk dengan jarak mil 18 mil per gallon (mpg). Ford memiliki dua model di daftar top 10 pada program Cash for Clunkers. Selama Juli 2009, Ford melaporkan sebuah keterkejutan peningkatan 2 persen ketika pembuat mobil lainnya dilaporkan mengalami penurunan. Peningkatan penjualan merupakan yang pertama kali sejak November 2007.
Bangun sebuah rencana strategis tindakan untuk Ford. Menyajikan detail analisis strategis untuk CEO Alan Mulally. Meliputi metodologi dan biaya yang digabungkan dengan implementasi strategi rekomendasi anda untuk tiga tahun kedepan.
Paper ini cuma versi ringkas aja
Untuk versi lengkap atau
butuh referensi lain
request aja
Diana - o85868o39oo9
Ditunggu ordernya yaa?
Thanks
Paper ini cuma versi ringkas aja
Untuk versi lengkap atau
butuh referensi lain
request aja
Diana - o85868o39oo9
Ditunggu ordernya yaa?
Thanks