Pembersihan Sepeda motor tipe scooter matic dan penyimpanan/ Scooter type motorcycle cleaning and storage matic

Pembersihan Sepeda motor tipe scooter matic dan penyimpanan

(sumber: 2008.buku petunjuk pemilik mio t115c edisi pertama. Jakarta: PTyamahaindonesiamotormanufacturing.)

Sepeda motor ini dibuat dengan desain terbuka, bertujuan untuk memperlihatkan teknologi yang ada di dalam, meskipun komponen yang ada di dalam terbuat dari bahan anti karat, yang mudah terkena kotoran dari luar. Pipa knalpot yang berkarat bisa saja terjadi di mobil tanpa diketahui pemakainya, tapi jika di motor akan mudah terlihat dari laur. Perawatan yagn baik berpengaruh pad penampilan motor, masa pemakaian yagn lebih lama, dan performma yang optimal.
Sebelum mencuci
1) tutup lubang knalpot, dengan plastic setelah mesin dan knalpot menjadi dingin.
2) pastikan coupler dan connector kabel kelistrikan terpasang dengan sempurna, begitu juga cap busi terpasang dengan rapat.
3) bersihkan kotoran tebal yang menempel pada crankcase, dengn sikat dan cairan pembersoh, tapi pastikan cairan tidak masuk ke dalam seals, gaskets, sprocket, rantai, dan as rod, setelah itu bilaslah cairan pembersih dengna air bersih.

Pembersihan
Perhatian:
Ø  Hindari penggunaan pembersih yang bersifat asam kecuali untuk jari yangkotorannya susah diangkat, tapi jangan biarkan pembersih tersebut menempel terlalu lama, segera bilaslah seluruh permukaan yang terkena asam dengan air dan kemudian dilap, dan selanjutnya lindungi dengan cairan anti karat.
Ø  Kesalahan pemersihan, dapat merusak windshields, cowlings, dan komponen yang terbuat dari plastic, pergunakan hanya pembersih yang bersifat ringan, dan pergunakan kain lap yang lembut.
Ø  Jangan menggunakan zat kimia berbahaya untuk part plastic, pastikan tidak memakai kain lap yang mengandung pelarut, bensin thinner, minyak rem, pembersih karat, anti beku, dan elektrolit.
Ø  Jangan menggunakan pembersih bertekanan tinggi atau stem jet, karena dpaat merusak komponen yang rawan semprot. Misalnya, seal bearing lengan ayun, seal fork depan, minyak rem (coupler, connector, saklar kelistrikan, dan lampu) selang pernafasan, dan lainnya.
Ø  Untuk sepeda motor yang menggunakan windsheld: pergunakan pembersih yang benar aman terhadap plastic. Ada beberapa cairan pembersih yang dapt merusak komponen yang terbuat dari plastic. Untuk itu, coba terlebih dahulu dengan mengoleskan pada bagian yang tidak terlihat, dan pastikan tidak meninggalkan gerasan, jika ada goresan, gunakan kompon untuk menghilangkan goresan.
Pemakaian normal
Bersihkan kotoran yang menempel dengan air hangat dan sabun, setelah itu bilaslah dengan air, pergunaan sikat pembersih pada daerah yang sangat kotor, dan untuk bagian bawah yang terdapat kotoran yang sulit dibersihkan, basahi dengan kain lap, biarkan beberapa menit sebelum disiram.
Sehabis kehujaanan, jalan di pantai, atau daerah yang bergaram
Jika dipakai pada daerah yang mengandung garam, udara di sekitar akan terdapat air garam yang sangat mudah menimbulkan karat, untuk itu segera bersihkan dan siram dengan air.
Catatan: pada saat mulai musim hujan, air hujan biasanya mengandung garam.
1) Bersihkan sepeda motor dengan air dan sabun setelah mesin menjadi dingin.
Perhatian: Jangan menggunakna air hangat, air hangant akan mengaktifkan sifat corrosive dari garam.
2) semprot dengan anti karat dan permukaan metal, chrome dan lapisan nickel untuk menghindari karat.

Setelah pembersihan
1) keringkan dengan kain lap yang lunak dan lembut.
2) segera keringkan rantai dengan kain lap, dan lumasi oli untuk menghindari karat.
3) pergunakan pengkilap chrome untuk permukaan chrome, aluminium dan komponen yang terbuat dari stainless steel misalnya knalpot (untuk knalpot yang sudah berubah warna karena panas, tidak dapat menggunakan larutan ini)
4) untuk menghindari karat, disarankan untuk melumasi dengan nati karat pad permukaan metal, chrome, dan nickel.
5) Pergunakan semprotan pembersih serba guna, untuk pembersihan.
6) Gosok dengan batu halus pada permukaan cat yang tergores
7) Semprot dengan pengkilap cat.
8) biarkan sepeda motor mongering sebelum penyimpanan.
Perhatian:
Ø  Pastikan pada bagia ban dan rem tidak mengandung oli dan wax, jika perlu bersihkan dengan cairan pembersih kampas rem atau acetone, dan siram dengna air hangat.
Ø  Sebelum sepeda motor dipakai test kemampuan pengeremannya dan kemampuan berbelok.
Ø  Pastikan kandungan oli dan wax, betul betul bersih dari kampas rem.
Ø  Jangan melumasi oli atau wax pada permukaan karet dan plastic hal ini akan mengurangi kelenturan bahan.
Ø  Jangan menggunakan polishing atau compounds yang mengikis permukaan cat.

Catatan: konsultasikan dengan dealer cara pemakaian produk ini.

Penyimpanan

Jangka pendek
Simpan sepeda motor pada tempat yang dingin dan kering, jika perlu tutup dengan pelindung debu.
Perhatian:
Ø  Penyimpanan sepeda motor pada ruangan yang tertutup, atau penutup yang kedap udara, akan meningkatkan kelembaman udara dna mudah menimbulkan karat.
Ø  Untuk menghidnari karat, jangan menyimpan sepeda motor, di gudang bawah tanah atau ruangan yang mengandung bahan kimia.
Jangka panjang
Sebelum menyimpan sepeda motor untuk beberapa bulan
1) ikuti petunjuk Perhatian pada beberapa bagian.
2) untuk sepeda motor yang dilengkapi kran bensin yang ada posisi “OFF”nya, putar tuas kran ke arah “OFF”
3) kuras bensin yang ada di ruang pelampung, dengna membuka baut penguras, pada karburator, untuk menghidnari terbentuknya kerak bensin, kuras juga bensin yang ada dalam tangki bensin.
4) isi tangki bensin, dengan fuel stabilizer (jika ada) untuk menghindari karat pada dinding tangki.
5) Untuk mencegah karat di dalam cylinder, ring piston rings, dan lainnya. Ikuti petunjuk berikut
a) buka cap busi dan busi
b) masukkan sedikit oli ke dalam lubang busi.
c) pasang cap busi pada busi dantempatkan busi di atas cylinder head, dan usahakan elektroda busi menyentuh masa (untuk menghindari locnaan bunga api, pada tahap berikut)
d) putar mesin beberapa kali dengan cara menstarter (bertujuan meratakan oli di dinding cylinder).
e) pasangakn busi dan cap busi pada cylinder.
Peringatan:
Untuk menghidari dari bahaya kebakaran, pastikan ujung elektroda busi menyentuh masa, pada saat mesin di starter.
f) lumasi semua kabel konrol, engsel tuas rem, engsel pada rem, as standart tengah dan as standart samping dengan oli.
7) periksa tekanan udara banm dan jika perlu tambahkan angin, selanjutnya angkat sepeda motor,hingga roda terangakt di atas tanah, atau jika tidak ubah posisi ban, dengan merubah posisi ban bertujuan agar tidak terjadi perubahan bentuk ban hanya pada satu sisi.
8) tutup lubang pengeluaran knalpot, dengan plstik, untuk menghindari binatang masuk ke dalam.
9) lepaskan baterai dan setrum dalam kondisi penuh, dan tempatkan di tempat yang dingin dan kering (seterum satu kali dalam satu bulan). Jangan di simpan dalam ruang dengan suhu 0 derajat celcius (30 derajat farenheit) atau lebih dari 30 derajat celcius (90 derajat farenheit).

Catatan: jika perlu berbaiki dahulu, jia ada kerusakan kecil pada sepeda motor.