Contoh RPP

Nama   : Ikrimah
NPM   : 10.21.0005
Kelas   : C


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Tugas No.2

Nama Sekolah           : SMP/MTS................
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : VII / 1
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
Topik Pembelajaran : Invitation
Pertemuan Ke           : 1
                                               
Standar Kompetensi (SK)
Mendengarkan
1.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar (KD)
2.      Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: Mengundang, menerima dan menolak ajakan.

A.    Tujuan:
·         Siswa dapat mengidentifikasi kata yang didengar
·         Siswa dapat mengidentifikasi makna kata
·         Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui dan tidak menyetujui undangan dan ajakan
·         Siswa dapat merespon tindak tutur menyetujui dan tidak menyetujui undangan dan ajakan
·         Siswa dapat mengidentifikasi konteks situasi








B.     Materi:
Contoh makna tindak tutur menyetujui dan tidak menyetujui undangan dan ajakan dalam situasi formal
Inviting
Accepting an Invitation
Declining an Invitation
·         Would you like to...
·         I’d very much like you to...
·         We should be pleased/delighted if you could...
·         Would you care to...
·         You will.... won’t you ?
·         That’s very kind of you
·         We’d very much like  to...
·         What a delightful idea
·         With the greatest pleasure
·         Thank you very much for inviting me
·         I’m very sorry, I don’t think I can
·         I’d like to, but...
·         I’m afraid I’ve already promised
·         Thank you for asking me, but...
·         Unfornately, I can’t...


Contoh makna tindak tutur menyetujui dan tidak menyetujui undangan dan ajakan dalam situasi informal
Inviting
Accepting an Invitation
Declining an Invitation
·         Why don’t you come to...
·         Like to come to...
·         Come and...
·         Shall we come to...
·         You must come to...
·         I would/will...
·         That would be very nice
·         OK!
·         I’d like to love to come
·         All right (then)
·         Sorry, I can’t
·         I’d love to, but...
·         I don’t think I can
·         I wish I could, but....

C.     Media Pembelajaran:
1.    Alat :
        -   Buku yang relevan (English in Focus for Grade VII Junior High School
SMP/MTS)
        -   Script percakapan atau rekaman percakapan
 2.    Sumber :
 -   Tape
        -   Kamus
        -   Kaset/CD

D.    Model dan Metode  Pembelajaran :
·         Demonstrasi


E.     Strategi/ Proses Belajar Mengajar :
a.       Kegiatan awal
·         Mengucapkan salam dengan berkata “Assalamu’alaikum”
·         Mengucapkan selamat pagi dengan berkata “Good morning”
·         Menanyakan kondisi peserta didik dengan berkata “How are you today ?”
·         Mengabsen siswa
·         Berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran
·         Memberikan motivasi

b.      Kegiatan Inti
·         Menyuruh siswa menyiapkan buku paketnya
·         Memberikan pengertian tentang menyetujui dan tidak menyetujui undangan dan ajakan beserta contohnya
·         Menanyakan siswa apakah mereka pernah menyetujui atau tidak menyetujui undangan dan ajakan
·         Menyuruh siswa menjawab soal yang tertera di buku paket

c.       Kegiatan akhir.
·         Menyimpulkan apa yang telah dijelaskan
·         Memberikan nasehat
·         Memberikan tugas rumah (PR)
·         Mengucapkan salam

F.      Evaluasi.

Listen to the tape and choose the correct response to the expressions you hear

For example    :
You will hear  : Hey, tonight is my birthday party, will you come ?
                          The best response is .....
a.       Of course
b.      I don’t think so
The correct response is (a) Of course

1.      a.    Maybe you are not good
b.      Thanks for inviting me, but I can’t

2.      a.    What a beautiful view!
b.   OK!

3.      a.    I don’t care
b.   With the greatest pleasure


4.      a.    All right
b.   I hope not

5.      a.    That would be very nice
b.   Never mind






          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Tugas No.2

Nama Sekolah           : SMP/MTS................
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : VII / 1
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
Topik Pembelajaran : Congratulation and Complimenting
Pertemuan Ke           : 2
                                               
Standar Kompetensi (SK)
Mendengarkan
1.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar (KD)
2.      Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: Memuji, dan memberi selamat.

A.    Tujuan:
·         Siswa dapat mengidentifikasi kata yang didengar
·         Siswa dapat mengidentifikasi makna kata
·         Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur memuji
·         Siswa dapat merespon tindak tutur memuji
·         Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur memberi selamat
·         Siswa dapat merespon tindak tutur memberi selamat
·         Siswa dapat mengidentifikasi konteks situasi


B.     Materi:

Contoh tindak tutur memuji
Complimenting Someone
·         May I say how elegant you look
·         If I may so, you are quiet charming
·         My compliments on your beautuiful
·         I really must express my admiration for your party
·         You are looking good
·         What a charning dress !
·         That’s a very nice coat !
·         You look nice
·         I like your hair style !
·         You’re terrific/fantastic


Contoh tindak tutur memberi selamat
Congratulating Someone
·         Please accept my warmest congratulations
·         I’d like to be the first to congratulate you on...
·         It was great to hear...
·         Congratulations on your...
·         I must congratulate you
·         May I congratulate you on...
·         Congratulations !
·         Congratulations on your....
·         Well done !
·         Fantastic/terrific !

C.     Media Pembelajaran:
1.    Alat :
        -   Buku yang relevan (English in Focus for Grade VII Junior High School
SMP/MTS)
        -   Script percakapan atau rekaman percakapan
 2.    Sumber :
 -   Tape
        -   Kamus
        -   Kaset/CD

D.    Model dan Metode  Pembelajaran :
·         Demonstrasi
E.     Strategi/ Proses Belajar Mengajar :
a.       Kegiatan awal
·         Mengucapkan salam dengan berkata “Assalamu’alaikum”
·         Mengucapkan selamat pagi dengan berkata “Good morning”
·         Menanyakan kondisi peserta didik dengan berkata “How are you today ?”
·         Mengabsen siswa
·         Berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran
·         Memberikan motivasi

b.      Kegiatan Inti
·         Menyuruh siswa menyiapkan buku paketnya
·         Memberikan pengertian pujian dan pemberian selamat beserta contohnya
·         Menanyakan siswa apakah mereka pernah memberikan atau mendapat pujian dan selamat
·         Memberikan contoh kalimat pujian dan selamat beserta situasi yang cocok
·         Menyuruh siswa menjawab soal yang tertera di buku paket

c.       Kegiatan akhir.
·         Menyimpulkan apa yang telah dijelaskan
·         Memberikan nasehat
·         Memberikan tugas rumah (PR)
·         Mengucapkan salam

F.      Evaluasi.

Listen to the tape and choose the correct response to the expressions you hear

For example    :
You will hear  : Congratulations on your success
                          The best response is .....
a.       It is nice to hear you
b.      Thank you very much
The correct response is (b) Thank you very much

1.      a.    I can’t believe it
b.   That’s terrific. Congratulations!

2.      a.    You look  great!
b.   Wow, that’s fantastic!

3.      a.    Thank you very much for your compliment
b.   Congratulations!

4.      a.    That’s amazing. Congratulations
b.   That’s awful

5.      a.    Thanks anyway
b.   Never mind. It’s my pleasure