Penelitian (research)


Nama Kelompok       :  -  Ikrimah    (10.21.0005)
-     Yeni          (10.21.0422)
-     Siti Isnani (10.21.0027)

Kelas                           : C

Penelitian merupakan terjemahan dari bahasa Inggris research. Selain itu ada juga yang menerjemahkan research sebagai riset. Research sendiri berasal dari kata re yang berarti “kembali” dan to search yang berarti “mencari”. Dengan demikian arti sebenarnya dari research adalah “menemukan kembali”.
Penelitian merupakan kegiatan yang terorganisasi. Penelitian juga bertujuan untuk mengubah kesimpulan-kesimpulan yang telah diterima, ataupun untuk mengubah dalil dengan adanya aplikasi baru dari dalil-dalil tersebut. dari itu, penelitian dapat diartikan sebagai pencarian pengetahuan dan pemberi artian yang terus-menerus terhadap sesuatu. Penelitian juga merupakan percobaan yang hati-hati dan kritis untuk menemukan sesuatu yang baru.
Riset merupakan bagian terpenting yang didahulukan pelaksanaannya didalam sebuah penulisan karya limiah. Hal ini disebabkan karena riset merupakan bagian atau tahapan langkah dari karya ilmiah itu sendiri. Karya ilmiah adalah laporan tertulis sesuai kaidah tertentu mengenai sesuatu yang telah diamati dan diteliti oleh sekelompok orang untuk dipublikasikan hasilnya dan dapat dijadikan acuan dalam penelitian selanjutnya. Dan risetlah yang menjadi tolak ukurnya.
Riset dapat diukur, dapat dijabarkan secara kuantitas, dapat disajikan dalam statistik, dan dapat diuraikan secara manual. Karena itulah, riset sangat penting artinya bagi penulisan karya ilmiah.
Karya ilmiah biasa dibuat oleh para ilmuwan dan civitas akademika. Isi karya ilmiah berupa data, informasi yang valid, cara dan hasil penelitian, simpulan, dan tinjauan pustaka sebagai pendukung kuat laporan ilmiah.
Dalam melakukan sebuah riset atau penelitian dimana yang diinginkan adalah hasil yang benar-benar bisa dipertanggung jawabkan hasil risetnya dan agar supaya hasil-hasil riset tersebut diketahui dan bahkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, itu juga alasan kenapa hasil riset perlu dipublikasikan, namun bagaimanakah   dan seperti apakah ciri-ciri riset yang baik  dan syarat-syarat riset penelitian yang baik dan juga itu?, berikut uraian ciri-ciri riset yang baik
Ciri-ciri riset/penelitian yang  baik menurut metode atau kaidah ilmiah adalah sebagai berikut:
1.      Bersifat kritis dan analitis.
2.      Memuat konsep dan teori yang tepat.
3.      Menggunakan istilah tepat.
4.      Rasional (Masuk akal).
5.      Obyektif.
6.      Konsistensi dalam menguraikan, menjelaskan, kalimat singkat padat dan jelas.
7.      Koherensi (saling kait mengkaitkan).
Syarat-syarat penelitian yang baik dan benar:
1.      Tujuan dan masalah yang jelas.
2.      Teknik dan prosedur yang rinci.
3.      Obyektifitas penelitian akan sampel yang ingin digunakan.
4.      Kekurangan dalam penelitian harus diungkapkan secara terbuka dan jujur.
5.      Tingkat kevaliditas dan kehandalan data cermat.
6.      Kesimpulan yang terkait dengan penelitian yang dilakukan.
7.      Obyektifitas atau fenomena sesuai dengan kemampuan, pengalaman dan motivasi peneliti.