Hubungan Pancasila dengan: Proklamasi, Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, di dalam Kesehatan Keperawatan/ Pancasila relationship with: Proclamation, Opening Act of 1945, in the Health Nursing


Hubungna Pancasila dengan: Proklamasi, Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, didalam Kesehatan Keperawatan

(Sumber: Mr. Sunarto. 2013.Pendidikan Pancasila. Ponorogo.)

A) Hubungan Pancasila dengan proklamasi
Pancasila merupakan jiwa banga Indonesia; sebagai asas kerohanian dan dasar filsafat negara; merupakan unsur penentu daripada ada dan berlakunya tertib hukum bangsa Indonesia dan pokok kaidah negara yang fundamental. Sedangkan proklamasi merupakan titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia yang bertekat untuk merdeka yang disemangati oleh jiwa Pancasila.

B) Hubungan Pancasila dengan Pembukaan Undang-Undang 1945
Sila yang terkandung di dalam pancasila terurai secara sistematis di dalam pembukaan Undnag-undang Dasar 1945 pada alinea keempat: alinea keempat pembukaan UUD 1945 cukup jelas menunjukkan bahwa pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dan wujudnya tertuang dalam batang tubuh UUD 1945. Pembukaan UUD 1945 di dalamnya mengandung pokok pikiran, kedaulatan rakyat dan pokok pikiran ketuhana yang maha esa yang berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab.