A. KALKULUS LANJUT
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini sebagai bentuk pengembangan atau kelanjutan dari mata kuliah Kalkulus-1 dan Kalkulus-2. Topik utama dalam jabaran tatap muka:
1. Turunan Fungsi lebih dari Satu Variabel: sistem koordinat kartesius, silinder dan bola
2. Fungsi-fungsi lebih dari satu variabel, turunan parsial, makna geometri turunan parsial,
3. Diferensial total dan diferensial fungsi komposisi,
4. Turunan parsial fungsi dalam bentuk implisit,
5. Jacobian dan invers; turunan parsial derajad tinggi,
6. Fungsi-fungsi harmonis, Laplacian dalam koordinat kutub, silinder dan bola;
7. Diferensial deajad tinggi.
8. Eksremum Fungsi Lebih dari Satu Variabel, tinjauan secara geometri, eksrem bersyarat, pengali Lagrange.
9. Integral ganda: integral lipat dua, pengertian, notasi,
10. integral lipat tiga,
11. Penggunaan integral lipat dua: menghitung luas bidang datar, volume benda,
12. momen dan titik berat,
13. panjang busur, luas permukaan,
14. Ttransformasi Jacobi
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami prinsip-prinsip penurunan fungsi lebih dari sau variabel dan intregral ganda untuk dapat diaplikasikan pada matakuliah lain atau dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman Pembelajaran | Materi Ajar |
1. Menjelaskan berbagai macam ciri fungsi lebih dari stu variabel beserta turunannya | 1. menerangkan sistem koordinat dalam dimensi 3 2.menyebutkan sifat fungsi lebih dari satu variabel beserta turunannya 3.membedakan deferensial parsial dan diff total, dari fungsi komposisi | 1. mengkaji konsep sistem koordinat kartesius, silinder dan bola 2. mengkaji fungsi-fungsi lebih dari satu variabel, turunan parsial, makna geometri turunan parsial 3. diferensial total dan diferensial fungsi komposisi mendiskusikan 4. melatih mengerjakan soal 5. mengerjakan penugasan/PR | Turunan Fungsi lebih dari Satu Variabel: 1. sistem koordinat kartesius, silinder dan bola . 2. fungsi-fungsi lebih dari satu variabel, turunan parsial, makna geometri turunan parsial 3. diferensial total dan diferensial fungsi komposisi |
2. Menjelaskan ciri fungsi implisit beserta turunanna | 1. menerangkan turunan parsial fungsi implisit 2. mencari fungsi inver lewat Jacobian 3. mencari fungsi harmonis, Laplacian dalam koordinat kutub, silinder dan bola | 1. mengkaji konsep turunan parsial 2. mendiskusikan melatih mengerjakan soal 3. mengerjakan penugasan/PR | 1. turunan parsial fungsi dalam bentuk implisit, 2. Jacobian dan invers; turunan parsial derajad tinggi, 3. fungsi-fungsi harmonis, Laplacian dalam koordinat kutub, silinder dan bola; |
3. Menjelaskan konsep diferensial derajad tinggi | mencari diferensial derajad tinggi | 1. mengkaji konsep diferensial derajad tinggi mendiskusikan 2. latihan mengerjakan soal 2. mengerjakan penugasan/PR | diferensial derajad tinggi |
4. Menjelaskan konsep Eksremum Fungsi Lebih dari Satu Variabel, tinjauan. | menerangkan Eksremum Fungsi Lebih dari Satu Variabel,. | 1. mengkaji Eksremum Fungsi Lebih dari Satu Variabel, tinjauan secara geometri, eksrem bersyarat, pengali Lagrange. 2. mendiskusikan 3. latihan mengerjakan soal 4. mengerjakan penugasan/PR | Eksremum Fungsi Lebih dari Satu Variabel, tinjauan secara geometri, eksrem bersyarat, pengali Lagrange. |
5. Menjelaskan konsep integral lipat dua, lipat tiga integral lipat dua, lipat tiga dan penggunaannya | 1. menerangkan integral lipat dua, lipat tiga integral lipat dua, lipat tiga 2. menghitung luas bidang datar, volume benda | 1. mengkaji konsep integral lipat dua, lipat tiga, pengertian, notasi , penggunaan 2. mendiskusikan 3. melatih mengerjakan soal 4. mengerjakan penugasan/PR | Integral ganda: 1. integral lipat dua, pengertian, notasi, 2. integral lipat tiga, 3. Penggunaan integral lipat dua: menghitung luas bidang datar, volume benda |
6. Menjelaskan konsep momen dan titik berat | menerangkan momen dan titik berat mencari limit titik berat | 1. mengkaji konsep momen dan titik berat 2. mendiskusikan 3. melatih mengerjakan soal 4. mengerjakan penugasan/P | momen dan titik berat |
7. menjelaskan panjang busur, luas permukaan | menerangkan busur, luas permukaan | 1. mengkaji konsep: panjang busur, luas permukaan, 2. transformasi Jacobi | 1. panjang busur, luas permukaan, 2. ransformasi Jacobi |
B. STATISTIKA DASAR
1. Pengertian Dasar Statistika |
2. Penyajian Data dalam Bentuk Tabel |
3. Penyajian Data dalam Bentuk Diagram |
4. Ukuran Pemusatan |
5. Ukuran Lokasi dan Dispersi |
6. Ukuran Kemiringan, Keruncingan dari Kurva Normal |
7. Kurva Normal dan Kegunaannya |
8. Kurva-kurva lain dan Penggunaannya. 9. Distribusi Sampling |
C. FILSAFAT ILMU
. DESKRIPSI ISI
. Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami
1. ruang lingkup filsafat ilmu,
2. tantangan dan masa depan ilmu,
3. hakikat pengetahuan,
4. kebenaran ilmiah,
5. ontologi : hakikat ilmu,
6. epistemologi : cara mendapatkan pengetahuan,
7. aksiologi : nilai kegunaan ilmu,
8. struktur ilmu pengetahuan,
9. sarana ilmiah,
10. moralitas ilmu pengetahuan, dan
11. sejarah perkembangan ilmu.
RINCIAN MATERI PERKULIAHAN UNTUK SETIAP PERTEMUAN
Pert- Ke | Kompetensi Dasar | Topik dan Sub-topik |
1 | Mmahasiswa memiliki kesamaan visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah Filsafat Ilmu, baik secara konsep, prinsip maupun dalam pengaplikasiannya. | Orientasi Perkuliahan
|
2 | Mmahasiswa dapat memahami ruang lingkup filsafat ilmu | Ruang Lingkup Filsafat Ilmu
|
3 | MMahasiswa dapat mendeskripsikan sejarah perkembangan ilmu | Sejarah Perkembangan Ilmu
|
4 | MMahasiswa dapat memahami konsep hakikat pengetahuan | Hakikat Pengetahuan
|
5 | Mahasiswa dapat memahami hakikat kebenaran ilmiah | Kebenaran Ilmiah
|
6 | Mahasiswa dapat mendekripsikan tentang ontologi | Ontologi : Hakikat Ilmu |
7 | Mahasiswa dapat mendeksripsikan tentang epistemologi | Epistemologi : Cara Mendapatkan Pengetahuan |
8 | Ujian Tengah Semester | Ujian Tengah Semester |
9 | Mahasiswa dapat mendeskripsikan tentang aksiologi | Aksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu |
10 | Mahasiswa dapat memahami struktur ilmu pengetahuan | Struktur Ilmu Pengetahuan
|
11 | Mahasiswa dapat memahami konsep sarana ilmiah | Sarana Ilmiah
|
12 | Mahasiswa dapat mendeskripsikan moralitas ilmu pengetahuan | Moralitas Ilmu Pengetahuan
|
13 | Mahasiswa dapat mendeksripsikan tentang tantangan dan masa depan ilmu | Tantangan Dan Masa Depan Ilmu
|
14 | Mahasiswa dapat menyimpulkan hakikat filsafat ilmu | * Review perkuliahan |
15 | Ujian Akhir Semester | Ujian Akhir Semester |
A. PROFESI KEPENDIDIKAN
Deskripsi Mata Kuliah :
Profesi keguruan mempunyai dimensi yang sangat luas mulai dari pemahaman secara mendalam tentang wawasan yang mendasari pergaulan pendidikan antara guru-siswa,
1. Penguasaan materi ajar sampai kepada pemahaman tentang latar keadaan (setting).
2. Profesi keguruan mensyaratkan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana belajar dan pembelajaran itu harus disesuaikan dengan perkembangan peserta didik sehingga pendidikan dapat dilaksanakan secara optimal.
3. Guru yang profesional senantiasa menjunjng tinggi kode etik keguruan dan harus.peka terhadap perubahan-perubahan, pembaharuan serta IPTEK yang terus berkembang sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan perkembangan jaman.
4. Di sinilah tugas guru untuk senantiasa meningkatkan wawasan keilmuannya sehingga apa yang disampaikan kepada siswanya sesuai dengan kebutuhan stake holder dan up to date.
Materi Mata Kulah
1. konsep profesi keguruan,
2. sikap profesional keguruan,
3. permasalahan yang dihadapi oleh guru,
4. prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran,
5. cara –cara memotivasi siswa dalam belajar,
6. fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah, dan
7. supervisi pendidikan
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat :
1. menguasai dan mampu mengimplementasikan tugas guru secara profesional,
2. memahami kode etik keguruan,
3. memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru baik secara umum/ khusus, dan
4. dapat mengembangkan karirnya sebagai guru dengan sebaik-baiknya.
Komponen Dasar | Indikator | Pengalaman Pembelajaran | Materi Ajar | Waktu | Alat/Bahan/Sumber Belajar | Penilaian |
Mengidentifikasi konsep profesi keguruan | Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan : 1. Pengertian dan syarat profesi 2. Kode etik profesi keguruan 3. Organisasi profesi keguruan | 1. Mengkaji konsep Profesi keguruan 2. Mendiskusikan permasalahan kode etik dan organisasi profesi keguruan | 1. Pengertian dan syarat profesi 2. Kode etik profesi keguruan 3. Organisasi profesi keguruan | 200’ | OHP, LCD, Laptop. Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, 1996: 4-20 Soetjipto dan R. Kosasi, Profesi Keguruan, 1994: 13-34 PP No. 19/ 2005. | Portofolio tes essay. |
Memahami sikap professional keguruan | Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan : 1. Pengertian profesi keguruan 2. Sasaran sikap profesional 3. Pengembangan sikap profesional 4. Syarat-syarat menjadi guru professional 5. Guru profesional sebagai komunikator dan fasilitator | Mengkaji dan mendiskusikan syarat-syarat menjadi guru professional dan pengembangannya | 1. Pengertian profesi keguruan 2. Sasaran sikap professional 3. Pengembangan sikap professional 4. Syarat-syarat menjadi guru professional 5. Guru professional sebagai komunikator dan fasilitator | 300’ | OHP, LCD, Laptop. Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, 1996: 14-20 Soetjipto dan R. Kosasi, Profesi Keguruan, 1994: 39-51 Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru dan Implikasi KTSP, 2007: 1-10 | Portofolio dan tes essay serta tes obyektif. |
1. Memahami dan memiliki wawasan tentang prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran 2. Memahami dan memiliki wawasan tentang cara-cara memotivasi siswa dalam pembelajaran | Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan : 1. Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran 2. Cara-cara memotivasi siswa dalam belajar | 1. Mengkaji dan mendiskusikan prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran 2. Mengkaji dan mendiskusikan tentang cara-cara memotivasi siswa dalam belajar | 1. Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran 2. Cara memotivasi siswa dalam belajar, antara lain: belajar melalui model, belajar kebermaknaan, melakukan interaksi, penyajian yang menarik, temu tokoh, mengulangi kesimpulan materi, dan wisata alam | 200’ | OHP, LCD, Laptop. Daryanto, Administrasi Pendidikan, 2006: 62-69 Muhroji dkk, Manajemen Pend., 2002: 49-55 Martinis Yamin, Profesionalisme Guru dan Imple-mentasi KTSP, 2007: 168-178 | Portofolio dan tes essay. |
Memahami dan memiliki wawasan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru | Mahasisiwa diharapkan dapat : 1. Memahami permasalahan yang dihadapi oleh guru baik umum maupun khusus. 2. Membantu memberikan solusi terhadap permasalahan dan hambatan yang dihadapi oleh guru. | Mengkaji dan mendiskusikan tentang permasalahan yang dihadapi oleh guru | Permasalahan yang dihadapi oleh guru baik permasalahan umum maupun khusus | 200’ | OHP, LCD, Laptop. Piet Sahertian, Supervisi Pend. 2000: 132-162 A. Samana, Profesionalisme Keguruan, 1994: 109-112 UU No. 14/ 2005 PP No. 19/ 2005. | Portofolio, Proses, Tes Essay dan Obyekif. |
Memahami dan memiliki wawasan tentang supervisi, tujuan, teknik, dan metode supervisi serta mampu merencanakan supervisi pend. | Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: 1. Supervisi pendidikan. 2. Tugas supervisor pendidikan. 3. Tujuan supervisi pendidikan. 4. Teknik dan metode supervisi serta mampu merencanakan supervisi pendidikan | 1. Mengkaji dan mendiskusikan konsep dan perkembangan supervisi dalam lembaga pendidikan/ sekolah | 1. Pengertian supervisi. 2. Fungsi dan tujuan supervisi. 3. Prinsip supervisi 4. Teknik dan Metode Supervisi | 200’ | OHP, LCD, Laptop. Piet Sahertian, Supervisi Pend. 2000: 16-32, 34-53 Daryanto, Adm. Pendidikan, 2006: 169-207 Soetjipto dan R. Kosasi, Profesi Keguruan, 1994: 215-244 Imam Supardi, Dasar-dasar Adm. Pendidikan, 1988: 63-85 | Pemberian tugas dan Presentasi makalah |
Memahami dan memiliki wawasan tentang konsep kepemimpinan, teori-teori kepemimpinan, tugas dan tanggung jawab kepala sekolah | Mahasisiwa diharapkan dapat menjelaskan : 1. Pengertian kepala, pemimpin dan kepemimpinan. 2. Teori-teori kepemimpinan yang sesuai diterapkan dalam dunia pendidikan. 3. Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah | Mengkaji dan mendiskusikan konsep kepemimpinan dalam hubungannya dengan lembaga pendidikan/sekolah | 1. Pengertian Kepala, Pemimpin dan Kepemimpinan. 2. Teori Kepemimpinan Kepala Sekolah 3. Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah 4. manajemen penanganan konflik | 300’ | OHP, LCD, Laptop. Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, 2002: 349-369, 429-492 Muhroji dkk., Manaj. Pendidikan, 2002: 91-102 Daryanto, Adm. Pendidikan, 2006: 80-92 | Pemberian tugas dan Presentasi makalah |